Dorong Pemenuhan Air Minum Layak, Pemkab Buol Bangun SPAM Kumaligon

Dorong Pemenuhan Air Minum Layak, Pemkab Buol Bangun SPAM Kumaligon

Buol - Pemerintah Kabupaten Buol provinsi Sulawesi Tengah mendorong pengembangan jaringan distribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kebutuhan layanan air minum berkualitas merupakan program prioritas pemerintah disamping program pengembangan infrastruktur lainya melalui pembiayaan APBD tahun anggaran 2023.

Pembangunan SPAM perpipaan TPA Kumaligon diproyeksikan dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yakni air minum layak melalui sambungan rumah di wilayah tersebut dengan memanfaatkan sumber air dari pegunungan Kumaligon.

Berdasarkan pantauan langsung di lokasi pekerjaan, proyek yang melekat di bidang cipta karya PU Penataan Ruang Kabupaten Buol itu sedang digenjot pelaksanaannya seperti pembangunan instalasi, pekerjaan jaringan pipa distribusi dan aksesoris, pekerjaan instalasi solar panel dan jaringan transmisi, serta pekerjaan pengadaan jaringan pipa sambungan rumah ( SR ) melalui APBD.

Sektor air minum merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang menunjang aktivitas warga melakukan berbagai kegiatan pemenuhan hidup

Program tersebut merupakan langkah nyata pemerintah daerah memitigasi resiko akibat kemarau dan kekeringan, serta memastikan pemenuhan infrastruktur air bersih yang berkelanjutan di Kabupaten Buol.

Tak hanya di Kabupaten Buol, Kebutuhan air minum meningkat secara tajam akhir-akhir ini, hal ini lebih disebabkan pertumbuhan atau populasi manusia yang semakin bertambah, sementara disisi lain beberapa daerah sulit mendapatkan air bersih karena dampak dari degradasi lingkungan.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah daerah berupaya membantu masyarakat untuk memiliki akses jaringan air yang terintegrasi melalui berbagai pembiayaan.

Hasilnuapun dapat disaksikan dengan terlaksananya kegiatan pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan TPA Kumaligon saat ini.

Program ini tidak hanya di Kelurahan Kumaligon namun di beberapa desa di Kabupaten Buol telah dilaksanakan program yang sama sebagai wujud komitmen pemerintah daerah memberikan perhatian kepada masyarakat.

Memang disadari keberadaan infrastruktur jaringan air bersih sangat krusial dalam kehidupan sehari-hari sehingga kedepannya warga harus menjaga aset infrastruktur agar tetap optimal melayani pemenuhan kebutuhan air minum yang layak.

Air minum merupakan kebutuhan dasar, sehingga sistem penyediaan harus tepat dan memenuhi kebutuhan hidup, berkualitas, efektif, sehat, dan terintegrasi dengan sektor sanitasi.

Dengan pemenuhan akses air bersi layak dan menyeluruh, dapat mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) pembangunan berkelanjutan, khususnya di Bumi Pogogul

 ( TIM )

Diberdayakan oleh Blogger.
'''' 'return false'>