Rekonstruksi Ruas Jalan Air Terang Momunu Jawab Kebutuhan Warga

Rekonstruksi Ruas Jalan Air Terang Momunu Jawab Kebutuhan Warga


Rekonstruksi Ruas Jalan Air Terang Momunu Jawab Kebutuhan Warga

Momunu - Rekonstruksi ruas jalan Air Terang Momunu jawab kebutuhan warga terhadap peningkatan konektivitas dan kemudahan distribusi logistik di jalan provinsi.

Pantauan media ini 13/10/2023, pihak pelaksana kegiatan proyek telah menyelesaikan beberapa item pekerjaan utama, seperti pembentukan struktur badan jalan dengan material pilihan yang sesuai petunjuk teknis kebinamargaan.

Termasuk pekerjaan drainese yang merupakan bagian tak terpisahkan dari rekonstruksi jalan sepanjang 10 kilometer tersebut. 

Para pengguna jalan di ruas Air Terang-Momunu Kabupaten Buol, yang melintasi gunung pogogul menuju kecamatan Tiloan wilayah sentra komoditas pertanian dan perkebunan, Sulawesi Tengah tersebut, kini bisa mulai bernafas lega setelah jalan mulai dikerjakan.

Sudah beberapa bulan kontraktor proyek turun lapangan melakukan penanganan infrastruktur yang merupakan program prioritas Gubernur Rusdi Mastura dan Wakil Gubernur Ma'mun Amir.

Reporterrase media diokasi pekerjaan, melihat dari dekat kegiatan peningkatan jalan tersebut, beberapa waktu lalu menyaksikan alat berat sedang bekerja yakni sebuah grader meratakan permukaan jalan, sebuah excavator untuk menggali parit dan sebuh stonewalls alias bomag, alat berat untuk memadatkan badan jalan.

Sejak saat itu, badan jalan dari Air terang menuju Momunu kini sudah mulai rata setelah grader mengeruk permukaan jalan yang berlubang-lubang, lalu ditutupi material pilihan kemudian dilindas dengan bomag, sehingga kendaraan bisa melaju lebih kencang karena lubang-lubang di badan jalan sudah tertutup material pilihan.

Salah satu pejabat di dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang provinsi Sulawesi Tengah Ir. Meidy Sumual ST. MM menjelaskan, progres pekerjaan saat ini sedang berjalan dan pelaksanaan tetap mengedepankan petunjuk teknis agar bisa memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat. 

" Kami setiap waktu berada di lokasi untuk melihat dan mengawasi secara langsung jalannya kegiatan tersebut," ujarnya

Ruas jalan ini kedepan akan memberikan dampak positif terhadap pertanian dan perkebunan, akan semakin nyaman untuk dilalui masyarakat dalam aktivitas sehari-hari.

Kalau proyek ini selesai, maka ruas jalan Air Terang Momunu sekitar 10 kilometer, sudah akan beraspal mulus seluruhnya. Papar Meidy Sumual.

Dengan kepedulian pemerintah provinsi,  Amin Yunus yang berprofesi sebagai guru di wilayah itu menyampaikan rasa terima kasih atas upaya pemerintah dan pihak terkait yang sudah memberikan perhatian lebih peningkatan jalan daerah. 

" Terima kasih Pak Gubernur Rusdi Mastura dan Wakil Gubernur Ma'mun Amir atas perhatiannya, sehingga ruas jalan ini akhirnya bisa direalisasikan juga peningkatannya," ujar.

PU Bina Marga Dorong Ekonomi di Buol Lewat Pembangunan Jalan 2023

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023 sedang mengenjot peningkatan ruas jalan Air Terang - Momunu melalu anggaran APBD tahun 2023

Pantauan di lokasi pekerjaan, Jumat 13/10/2023, pihak pelaksana kegiatan tampak sibuk dengan aktivitas pekerjaan seperti pekerjaan pasangan batu dengan mortar, pembentukan badan jalan dengan urugan pilihan, kemudian pemadatan tanah dengan alat berat yang sudah standby di lokasi pekerjaan.

Dari hasil pantauan ini, diketahui pelaksana pekerjaan ruas jalan Air Terang - Momunu yakni PT Wahana Cipta Lestari yang tak diragukan dalam soal pekerjaan konstruksi.

Perusahaan yang satu ini punya trek record yang luar biasa dalam mengerjakan proyek-proyek pemerintah baik melalui APBD maupun APBN

Bahkan pemilik perusahaan tersebut bukan orang baru di Kabupaten Buol, cukup dikenal kiprahnya dalam soal pembangunan jalan.

Sehingga dengan terlaksananya pekerjaan ini, beberapa warga yang ditemui di Momunu memberikan tanggapannya.

Seperti disampaikan Jufri, dirinya sangat bersyukur atas adanya kegiatan pembangunan di Momunu utamanya pekerjaan jalan.

Menurutnya, kerinduan masyarakat terhadap perbaikan jalan sejak lama dinantikan, sehingga pada saat awal dimulainya pekerjaan kami disini sangat senang dan bahagia, ternyata pak Gubernur Rusdi Mastura mendengarkan aspirasi masyarakat terkait jalan yang rusak.

" Tahun 2023, harapan besar warga Buol terjawab dengan hadirnya perusahaan melakukan pekerjaan jalan," papar Jufri 13/10/2023 sore.

Selain Jufri, Rusma 45 warga setempat, yang kesehariannya sebagai petani kebun kepada media ini menjelaskan bahwa apa yang menjadi hajat masyarakat di 2 Kecamatan yakni Momunu dan Tiloan soal perbaikan jalan kini terwujud.

" Terima kasih pak Gubernur Rusdi Mastura, terima kasih PU dan juga ko Bolong yang sudah memperbaiki jalan kami," imbuhnya.

Ia berharap kedepan, dinas PU provinsi lebih memfokuskan lagi peningkatan jalan demi kelancaran aktivitas warga. Pungkasnya.

Diketahui, jalan merupakan akses utama masyarakat dalam beraktivitas, kalau jalan bagus maka ekonomi masyarakat akan maju dan berkembang. Sebaliknya jika jalannya rusak, sudah bisa dipastikan masyarakat akan terus hidup di bawah garis kemiskinan.

Pemerintah provinsi melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi warga kegiatan ekonominya. 

Dengan keterhubungan antara wilayah melalui akses jalan yang bagus, keterpaduan pembangunan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Konektivitas tersambung, akses orang dan barang semakin lancar dan kesenjangan antara desa yang satu dengan desa lainya secara perlahan membaik.

Pekerjaan jalan yang dilaksanakan oleh PU Bina Marga provinsi, diharapkan bisa mengenjot tumbuhnya ruang ekonomi baru di Momunu dan Air Terang. ( Tim )


Diberdayakan oleh Blogger.
'''' 'return false'>